Sabtu, 22 Desember 2007

One Piece

logo anime One Piece

One Piece adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Hingga 2007, lebih dari 400 cerita dan 44 jilid versi manganya telah diterbitkan. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga Juni 2007 telah mencapai jilid ke-42. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei dan pernah ditayangkan di RCTI di Indonesia, telah mencapai 312 episode di Jepang. Selain itu, enam film layar lebarnya juga telah beredar.

One Piece sukses berkat ceritanya yang kuat, penuh fantasi, nuansa humor yang khas, tokoh-tokohnya yang beraneka ragam, pertarungan yang ketat antara tokoh-tokoh yang aneh, serta tokoh-tokoh yang diceritakan secara mendalam. Sepertinya sangat jarang manga shonen yang mengangkat cerita tentang bajak laut. Popularitasnya di Jepang telah menyaingi Dragon Ball. Beberapa manga lainnya yang hampir mencapai kesuksesan seperti One Piece adalah InuYasha dan Naruto.

Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar.

Sinopsis

Monkey D. Luffy, seorang anak yang bercita-cita menjadi raja bajak laut terinspirasi dari idolanya, Shanks mengarungi lautan untuk mencari harta karun legendaris One Piece.

Di awal perjalanannya, dia bertemu berbagai macam musuh sesama bajak laut seperti Alvida, Buggy Badut, Kuro, Don Krieg, dan Arlong. Dia juga telah mengumpulkan rekan seperjalannya yaitu Zoro, Nami, Sanji, dan Usopp yang akan mendampinginya mewujudakn cita-citanya. Sampai akhirnya Luffy dan kelompoknya yang dijuluki Kelompok Bajak Laut Topi Jerami berhasil memasuki lautan legendaris Grand Line dimana One Piece berada.

Di Grand Line, awalnya mereka terlibat konflik langsung dengan organisasi kriminal Baroque Works yang dipimpin oleh Crocodile, seorang agen pemerintah. Setelah berhasil menumbangkan Baroque Works beserta menggagalkan semua rencana menumbangkan sebuah negeri, Luffy dan kawan kawan berlayar kembali dan berakhir di negeri langit Skypiea, disini mereka harus menghentikan ambisi seorang pemimpin serakah bernama Enel.

Kelompok berhasil mengalahkan Enel dan menyelamatkan Skypiea dari kehancuran. Mereka berlayar kembali dan terlibat konflik antara Nico Robin, salah seorang anggotanya dengan agen rahasia pemerintah CP9.

Jalan Cerita

Sampai sekarang One Piece dibagi dalam 4 kisah, yaitu Kisah East Blue, Kisah Baroque Works, Kisah Skypiea, dan Kisah CP9.

Kisah East Blue

Yaitu permulaan serial ini, dimana Luffy mencari anggota kelompok yang ingin berlayar bersamanya. Dinamakan kisah East Blue karena latar cerita ini berada di perairan timur East Blue, sebelum memasuki Grand Line

  • Cerita Romance Dawn kisah masa lalu Luffy, dimana dia bertemu Shanks dan berjanji pada Shanks untuk menjadi bajak laut.'(Romance Dawn adalah judul resmi cerita masa lalu Luffy)
  • Cerita Morgan 10 tahun setelah itu, Luffy berlayar menjadi bajak laut, untuk mencari kru pertama, dia mengunjungi pangkalan angkatan laut dimana Zoro disekap. Tetapi dia harus menghadapi kapten Morgan dari angkatan laut.
  • Cerita Buggy setelah Zoro bergabung, mereka terdampar di kota yang dikuasai bajak laut Buggy, Luffy juga bertemu Nami dan mengajaknya menjadi navigator kapal. Luffy dan Zoro harus menghadapi Buggy untuk menyelamatkan kota.
  • Cerita Kuro Luffy, Nami dan Zoro pergi ke sebuah desa dan akhirnya mereka terlibat konflik dengan bajak laut Kuro. Mereka juga bertemu dengan seorang pemuda pemberani dari desa, Usopp dan Luffy mengajaknya bergabung.
  • Cerita Baratie Untuk mencari seorang koki, mereka memutuskan untuk pergi ke restoran terapung Baratie. Ternyata ada bajak laut besar Don Krieg yang ingin merampas Baratie. Konflik terjadi antara kru Luffy dengan kru Don Krieg. Di tengah pertempuran itu, muncul seorang bajak laut Shichibukai yaitu Mihawk si mata elang. Di lain sisi, Nami berusaha kabur dan membawa kapal mereka...
  • Cerita Arlong Setelah menyelesaikan pertempuran di Baratie, mereka mengejar Nami yang kabur, mereka juga berhasil memperoleh koki bernama Sanji. Ternyata Nami pergi ke pulau yang dikuasai Arlong dan manusia ikan lainnya. Dan ternyata Nami bekerja untuk Arlong. Luffy marah setelah tahu Nami hanya dipermainkan Arlong dan mereka terlibat konflik dengan kelompok bajak laut Arlong.
  • Cerita Loguetown' setelah mengalahkan Arlong, mereka menuju pulau terakhir di East Blue, Loguetown. Disini mereka menghadapi berbagai macam musuh dari Buggy dan Alvida yang ingin balas dendam juga Kapten Smoker dari angkatan laut yang berusaha menangkap mereka.

Kisah Baroque Works

Yaitu kisah dimana kelompok Topi Jerami berhasil memasuki Grand Line, dan secara kebetulan mereka harus menyelamatkan seorang putri kerajaan, Nefertari Vivi dan menyelatkan kerajaan tersebut dari cengkraman badan kriminal Baroque Works (BW).

  • Cerita Laboon Berlangsung tepat setelah para kru memasuki Grand Line, mereka masuk ke mulut ikan paus raksasa bernama Laboon. Di sinilah mereka mengetahui tentang dahsyatnya Grand Line dan mereka juga bertemu agen BW, yang ingin membunuh Laboon untuk dijadikan makanan.
  • Kisah Whiskey Peak para kru memasuki kota pertama di Grand Line, Whiskey Peak. Disini mereka disambut oleh para warga dan diajak berpesta. Ternyata para penduduk kota adalah pemburu hadiah yang menginginkan kepala Luffy semata. Zoro menyadarinya dan kemudian terlibat langsung pertempuran melawan semua pemburu hadiah yang ternyata anggota BW itu. Ternyata salah satu anggota BW yaitu Miss Wednesday adalah putri mahkota yang menyusup ke tubuh organisasi BW sebagai mata mata kerajaan Arabasta bernama Vivi. Di saat itulah kelompok topi jerami terlibat dengan badan kriminal BW secara langsung dan menyelamatkan Vivi.Lalu mereka melawan bajak laut pasir dan mengalahkannya dengan beberapa jurus Luffy

Kisah Skypiea

Kisah setelah mereka menumbangkan Baroque Works dan ternyata arah jurnal mereka menunuju ke langit. Kelompok berusaha mencari informasi menuju pulau langit. Dan setelah mereka berhasil ke pulau langit yang dinamakan Skypiea, mereka diharuskan menghadapi sang dewa, God Enel.

[sunting] Kisah CP9

Kru kembali berlayar dan kemudian bertemu admiral Aokiji, setelah bertarung dengannya, kru berlayar kembali menuju Water 7 untuk memperbaiki Going Merry. Emas yang mereka bawa dari Negeri Langit, mereka tukarkan dengan uang sebesar 300 juta Berry, namun dalam perjalanan uang mereka dirampas oleh Franky Family. Di sini mereka menghadapi banyak masalah; masalah terbesar adalah difitnah sebagai dalang percobaan pembunuhan terhadap Walikota Water 7 Iceburg dan ternyata dalang di balik semua itu adalah agen World Government CP9.

Kisah Thriller Bark

Kru Mugiwara kembali berlayar setelah berhasil meloloskan diri dari Garp dan Aokiji. Mereka bertemu dengan Brook, bajak laut yang dulu pernah berjanji akan kembali lagi menemui Laboon. Kemudian,mereka terperangkap di kapal raksasa bernama Thriller Bark yang merupakan kapal bajak laut yang terbesar. Disini banyak terdapat zombie. Mereka harus berhadapan dengan kaptennya yang merupakan salah satu Shichibukai, Gecko Moria.

Tokoh-tokoh

Tokoh Utama

Tokoh utama dalam serial ini difokuskan pada Monkey D. Luffy, pemimpin dari kelompok bajak laut topi jerami. Dia mengejar mimpinya untuk menjadi seorang raja bajak laut.

Tokoh utama lainnya yaitu kru kelompok bajak laut topi jerami itu sendiri, mereka juga punya impian sendiri-sendiri dan impian itu menyatukan mereka untuk pergi bersama.

Anggota Kelompok Bajak Laut Topi Jerami

Kelompok ini dimulai oleh Luffy, kemudian seiring dengan bergulirnya cerita, anggotanya pun bertambah satu demi satu. Berikut daftar terakhir kelompok Luffy, beserta julukan, pangkat, dan hadiah penangkapannya (B = Berry, mata uang di manga ini):

  • Monkey D. Luffy "Luffy, Si Topi Jerami" Kapten B 300,000,000
  • Roronoa Zoro "Zoro, Si Pemburu Perompak" Pendekar Pedang B 120,000,000
  • Sanji "Sanji, Si Kaki Kitam" Koki B 77,000,000
  • Nami "Nami, Si Kucing Pencuri" Navigator B 16,000,000
  • Tony Tony Chopper "Chopper, Pecinta Gula-gula Kapas" Dokter B 50
  • Usopp "Sogeking, Raja Penembak Jitu" Penembak Jitu B 30,000,000
  • Nico Robin "Robin, Si Anak Iblis" Arkeolog B 80,000,000
  • Franky "Franky, Sang Cyborg" Tukang Kayu B 44,000,000

Total Nilai Buruan: B 667,000,050

Musuh

Yang berperan menjadi penjahat dalam serial ini beragam, mulai dari bajak laut lain sampai anggota pemerintah. Tetapi yang berperan sebagai musuh secara garis besar adalah pihak angkatan laut (marinir).

Tidak ada komentar: